May 3, 2017

Peringatan Lampu Sein Motor Menyala Kedip Ke 5 Buzzer Berbunyi

Lagi enaknya ngegas motor tiba-tiba didepan ada motor yang menyalakan sein kanan tapi ga belok-belok, atau parahnya beloknya malah ke kiri, jengkel kan?,, mau nyalip kanan takut belok kanan, mau nyalip kiri lajunya mepet!. Pengalam itu pasti pernah dialamai semua pengendara motor. Eittsss.... jangan nyalahin orang dulu, karena anda juga pasti pernah melakukan itu termasuk saya, he..hee.. ngaku aja!.

Kejadian ini terjadi karena lupa mematikan kembali sein setelah kita berbelok atau menyalip, apalagi dasboard motor terhalang anak kita atau barang bawaan yang disimpan didepan, otomatis pengemudi sama sekali tidak mengetahui sein motornya menyala.


Nah, dari kejadian itu akhirnya saya punya ide membuat alat untuk memberitahukan pada pengemudi saat lampu sein motornya sedang menyala dan alat ini akan mengeluarkan bunyi buzzer. Ah.. ga mau berisik dan malu sama orang!, eitss... tunggu dulu, jangan samakan rangkaian ini seperti bunyi buzzer truk lagi mundur, agar kita tidak terganggu bunyi buzzer yang terus menerus, Yaaa,, dimodif dikit rangkaiannya biar nyaman. Saya jelaskan bahwa alat ini akan berbunyi saat kedip ke 5 atau berapa saja enaknya, mau saat kedip ke 6 atau ke 10 pun kita tinggal set saja, keren kan?,, 



Detektor sein motor ini akan membunyikan buzzer pada kedip tertentu
Detektor Lampu Sein Menyala


Cara kerja Buzzer Sein Motor

Saat sein menyala, sinyal akan mengaktipkan optocoupler, dan outputnya merupakan sinyal clock untuk ic 4017, setiap kali lampu sein menyala akan menggeser output IC. Seperti pada gambar, buzzer akan berbunyi pada clock ke 5 dan ke 10.

Untuk merubah jeda bunyi buzzer, sobat tinggal rubah saja posisi titik output icnya, gampang kan!

nah,, mudah-mudahan dengan alat ini tidak ada lagi tuh yang lupa matiin sein motornya, hehehe....

2 comments:

  1. mantap...saya mau coba di rumah punya ic itu bekas bikin lampu bolak balik...makasih idenya...

    ReplyDelete