Jun 7, 2017

Skema & PCB 18 Led Knight Rider dengan 2x IC 4017

Rangkaian 18 Led Kniht Rider ini dibangun menggunakan 2 buah IC konter 4017
Rangkaian 18 LED Knight Rider

Mungkin kelebihan skema ini adalah jumlah led yang terpasang, saya sudah browsing blog tetangga banyaknya desain dasarnya saja yang hanya 4 sampai 5 led saja, nah.... barangkali untuk sobat yang lagi mencari-cari rangkaian led knight rider dengan lebih banyak led mudah-mudahan artikel ini jadi referensi sobat.

Saya tidak akan membahas sistem kerja skema ini karena sudah banyak yang paham atau penjelasannya mudah dicari di blog-blog tetangga, namun pada dasarnya rangkaian ini terdiri dari pembangkit pulsa clock yang pada skema ini saya memakai ic. LM555 dan IC konter 4017.

Skema knight rider yang saya buat menggunakan 2 buah IC 4017, sehingga jumlah running led yang dipasang kan lebih banyak yaitu 9 buah led bagian kiri dan 9 buah led bagian kanan. Sebenarnya bisa saja jumlah led diperbanyak lagi hanya dengan menambahkan IC 4017 saja, dimana setiap 2 buah IC 4017 akan menambah 8 buah runnig led knight rider, namun tentu skemanya juga perlu sedikit modifikasi.

Bagi sobat yang ingin mencoba skema diatas, saya sudah buatkan desain PCBnya, sobat tinggal save image gambar dibawah ini, lalu tinggal proses cetak ke papan PCB ditempat pembuatan PCB tentunya. Namun jika ditempat sobat tidak ada tempat pembuatan PCB sobat bisa membuatnya secara manual, caranya dapat sobat baca artikelnya pada blog ini.

PCB Knight rider ini terdiri dari 18 Led yang di susun sejajar 9 buah led ke kiri dan 9 buah led ke kanan
PCB 18 Led Knight Rider

Seperti gambar di atas, 9 led saya susun sejajar supaya kelihatan manis saat rangkaian ini dinyalakan, untuk membuat gerakan led knight rider, sobat tinggal tambahkan secara paralel untuk setiap lednya, kemudian dengan aturan 9 led kiri dan 9 led kanan.

Dimensi keseluruhan PCB Knight rider ini adalah 7,5cm x 6cm. Potensio yang digunakan menggunakan trimpot single turn karena bentuk kecil tidak memakan tempat di PCB, fungsi trimpot ini untuk mengatur kecepatan konter led. Untuk pemasangan IC saya sarankan menggunakan soket terlebih dahulu agar mudah lepas pasang jiga ada masalah atau kerusakan. Berikut penampakan layout komponen PCBnya.

Lay out tata letak komponen Rangkaian 18 led Knight Rider
Lay-Out komponen

Ooh iya,,, jika nyala led kurang terang itu karena arus output IC 4017 ini kecil, sehingga kalau ingin led menyala lebih terang atau jika sobat menggunakan led jenis brigth led, sobat perlu menambahkan transistor sebagai drivernya, cukup menggunakan transistor kecil saja seperti BC 547, 2N3904 atau tipe lain asal berjenis transistor NPN, dan pemasangannya seperti gambar dibawah ini.

Driver led transistor sebagai penguat arus
Driver Led Transistor Sebagai Penguat Arus


No comments:

Post a Comment