Apr 20, 2017

Skema Driver Latch Relay Single Coil dan Doble Coil Menggunakan Transistor

Pembahasan kali ini ialah tentang skema driver latch relay, kenapa saya bahas ini? karena penggerak relay jenis ini berbeda dengan relay SPDT biasa yang hanya memberikan tegangan pada koil maka relay akan aktip dan melepaskan  tegangan koil relay akan kembali normal, berbeda dengan relay jenis latch yang cukup memberikan tegangan triger sesaat pada koil maka switch relay akan aktip dan untuk mengembalikan ke posisi normal harus membalikan posisi tegangan trigernya. Belum paham mari ikuti terus pembahasannya.


Rangkaian Driver Latch Relay 1 koil dan 2 koil berbeda cara mengaktipkannya

Latch relay model single coil artinya hanya memiliki satu koil penggerak didalamnya, sedangkan latch relay model doble coil artinya ada dua koil penggerak didalamnya.


Driver Latch Relay Single Coil



Untuk menONkan atau mengOFFkan kontaktor relay, cara kerja driver harus bisa membalikan tegangan pada koilnya.
Driver Latch Relay Single Coil

Lacth Relay model ini harus membalikan-balikan polaritas tegangan pada koil agar kontaktornya berubah on atau off, dan kontaktor tidak akan berubah jika tegangan pada k1 dan k2 memiliki tegangan yang sama. Contoh pada skema diatas Anggap posisi relay pada normal open (OFF), kita biarkan pin G1 dan G2 bertegangan vcc dari resistor pul-up, akibatnya t1, t4, t3 dan t6 menjadi aktip karena ada arus pada kaki basisnya. Ini artinya kedua output k1 dan k2 memiliki tegangan yang sama yaitu terhubung ke negatip sehingga kontaktor relay tidak berubah.

Jika G1 kita beri negatif dan G2 kita biarkan terbuka, maka t1 dan t3 menjadi tidak aktip sedangkan t2 menjadi aktip karena kaki basisnya t2 menjadi tinggi, sehingga k1 menjadi positif sedangkan k2 tidak berubah tetap negatip. Saat itu kontaktor relay akan berubah menjadi ON.

Jika sebaliknya G2 diberikan tegangan negatip dan G1 dibiarkan terbuka, maka t4 dan t6 berubah menjadi tidak aktip sedangkan t5 menjadi aktip, sehingga tegangan akan terbalik pada K1 menjadi negatip dan K2 menjadi positif, maka kontraktor relay kembali berubah menjadi OFF.

Driver Latch Relay Doble Coil


Ada dua koil pada relay ini yaitu satu koil untuk mengONkan kontak relay dan satu koil lagi untuk mengOFFkan.

Rangkaian Driver Latch Relay 1 koil
Driver Latch Relay 1 Koil

Lihat gambar, dibanding driver untuk relay single koil, driver untuk doble koil lebih sederhana. Misal koil 1 untuk kontak ON dan koil 2 untuk kontak OFF. Jika G1 di beri negatif maka t1 akan aktif dan memberikan tegangan pada koil 1 sehingga relay menjadi ON. Sebaliknya jika G2 terhubung ke negatif maka koil 2 yang akan bertegangan maka kontaktor relay berubah menjadi OFF.

Nah, itu penjelasan singkat mengenai cara kerja lacth relay single dan doble coil, mudah-mudahan gampang dipahami dan bermanfaat buat sobat semua. Kalau ada yang belum paham silahkan tanyakan dikolom komentar.

No comments:

Post a Comment